Hilangkan 5 kesalahan saat menurunkan berat badan

Posted on 04 Maret 2016 ( 9 comments )


“Berusaha semaksimal daya dan upaya dalam menurunkan berat badan sudah dilakukan, tapi hasilnya hanya 2,5 kg bobot yang turun. Ataupun sering kalah duluan sebelum berjuang memangkas fat loss yang menumpuk karena sudah down sebelum memulai. Lalu harus bagaimana?”

Pernahkah Anda mengalami hal serupa di atas? Jika pernah, maka artikel yang satu ini akan menjawabnya, mungkin hal di atas termasuk dari lima kesalahan yang harus dihindari dalam upaya menurunkan berat badan. Arnav Sarkar seorang fitness instruction asal India, yang dikutip dari sebuah website binaraga internasional akan memberikan lima tips latihan yang mengagumkan dalam upaya menghilangkan lemak tubuh.

“Saya telah mengamati dalam kurun waktu yang cukup lama dan menemukan beberapa kesalahan yang justru dibuat oleh mereka sendiri, sehingga menghambat laju kemajuan dari proses pembakaran lemak. So, biarkan saya membagikan lima kesalahan umum yang sering terjadi agar kita bisa mensiasati ataupun menghidarinya”, ungkap Arnav Sarkar.

1) Berputus Asa dan Berpandangan Sempit

photo-01-11-2008-04-43-08

Suatu hal yang normal dan maklum adanya jika kita menginginkan ukuran lingkar pinggang yang tidak teramat besar dan juga selalu ingin bisa tampil menarik dengan segala bentuk model pakaian. Namun ingat, semua kehidupan di dunia mengenal yang namanya proses. Untuk itu bersabarlah dalam menuai hasil dan pikirkanlah segala yang akan atau yang telah dilakukan adalah untuk kebaikan dalam jangka waktu yang panjang. Arnav Sarkar sendiri meyakini bahwa kita sendiri tidak akan yakin mampu mendapatkan badan ideal hanya selama 3 minggu. Jadi mengapa harus berharap berhasil hanya dengan usaha yang sebentar?

Ingat, ketika lemak sudah berhasil diturunkan harusnya kita menjadi pribadi yang jauh lebih bugar dan kuat. Jika program penurunan lemak yang kita jalankan justru membuat diri kita menjadi lebih lemah, kurang fit, dan secara keseluruhan menjadi lebih buruk, maka sesungguhnya penurunan lemak tersebut sama sekali menjadi suatu yang tidak bernilai. Sebaiknya fokus-lah dalam hal progress dari hasil latihan berupa strength dan fitness. Artinya fokus dalam hal mengangkat beban yang lebih, melakukan repetisi yang lebih, serta berlarilah lebih cepat dari sebelumnya. Karena dengan meningkatnya kemampuan fisik, maka level bodyfat dalam tubuh pun juga akan menurun, tetapi dengan catatan diet yang kita jalani haruslah clean.

Dengan kata lain, fokuslah pada perjalanan yang ingin dicapai dan berikanlah usaha yang terbaik sepanjang perjalanan tersebut. Kembali kita harus mengingat, bahwa agar hasil yang kita inginkan relevan akan manfaatnya, maka janganlah jadikan tujuan tersebut sebagai obsesi buta. Kalahkan obsesi buta tersebut dengan usaha yang terbaik dan focus, niscaya dengan demikian kita akan mendapatkan kesempatan yang lebih baik pada tujuan tersbeut.

2) Kurangnya Intensitas Latihan

kesalahan melakukan tritmil

Sering kita temui khususnya di mega gym, banyak orang gemuk berjalan di atas treadmill sambil menonton TV tanpa intensitas latihan yang cukup. Jika latihan tersebut baginya adalah ide yang terbaik dalam berolahraga, maka bersiaplah untuk terjebak dalam kubangan bodyfat dalam tubuh. Itulah sebabnya kita memerlukan yang namanya I-N-T-E-N-S-E saat latihan.

Kemudian janganlah pernah melakukan latihan dengan 5kg dumbbell plastik menggunakan high repitisi. Sebab dumbbell plastik tersebut bukanlah beban sesungguhnya yang harus diangkat. Itu hanyalah mainan untuk anak-anak dan bukan sebuah alat serius yang mampu untuk menghilangkan lemak tubuh. Kita bisa segera memulai rangkaian latihan penurunan berat badan dengan latihan-latihan tertentu yang sudah dirumuskan. Namun jika kita masih agak lemah untuk menjalankannya janganlah beralih ke lain alat, tetapi tetaplah berusaha secara perlahan kita bisa menaikkan bobot angkatan hingga ke- yang lebih berat. Dengan demikian akan nyata terlihat berkurangnya jumlah timbunan lemak tubuh.

Mulailah dengan membiasakan untuk selalu fokus selama latihan dan cobalah untuk bisa menyelesaikannya hanya dalam waktu 45 menit. Latihan secara perlahan sehingga menghabiskan waktu selama 90 menit bukanlah cara terbaik dalam menurunkan kadar lemak. Jika kita melakukan stretching disetiap sesi latihan baik itu saat kardio ataupun weight train wajar kalau akhirnya latihan menjadi jauh lebih lama.

Kemudian fokuskan latihan kita pada latihan compound seperti squats, deadlifts, dan lain sebagainya untuk memaksimalkan hasil yang ingin dicapai. Lakukan atau luangkan pula waktu untuk latihan daya tahan (resintance) dengan free weight seperti barbell, dumbbell, kettlebells sebagai pengganti alternatif penggunaan mesin.

3) Kurangnya latihan resistensi (daya tahan)

tired-bodybuilder

Dulu banyak orang yang menyarankan untuk menurunkan berat badan salah satunya dengan menghabiskan sekitar 80% porsi latihan dengan kardio. Saran tersebut adalah bentuk propaganda dari para produsen alat latihan kardiovaskular demi mengejar keuntungan. Jadi, jika kita ingin menurunkan ataupun menghilangkan lemak, cobalah untuk memasukkan jadwal resistance training ke dalam program latihan.

Resistance training bisa meliputi latihan beban baik itu menggunakan besi sebagai bobot ataupun menjadikan berat badan sebagai materi latihan. Keuntungan dari latihan daya tahan adalah mampu meningkatkan tingkat metabolisme, yang artinya secra tidak langsung kita telah melakukan pembakaran lemak. Latihan daya tahan atau resistance akan menghasilkan pembakaran lemak yang jauh lebih besar dibandingkan dengan melakukan latihan kardio selama 30-60 menit.

Yang terpenting agar mendapatkan benefitnya kita harus melakukannya jauh lebih berat dan keras. Dengan demikian keuntungan dari resistance training tersebut bisa dinikmati. Jadi sudah barang tentu dumbbell pinky yang beratnya hanya 2.5 kg itu harusnya jangan menjadi mainan kita di gym.

4) Terlalu Sering Mengubah Program Latihan Dan Tidak Fokus Pada Perkem-bangan Latihan

lazy-black-man

Apakah kita sering memulai rutinitas latihan dan kemudian meninggalkanya hanya setelah dua macam gerakan, lantaran menemukan hasil yang bagus dan sangat cepat dengan progresi yang lebih menjanjikan setelah browsing internet? Jika anda menerapkan sebagian dari suatu program dan kemudian menggantinya setiap bulannya, cobalah berhenti sejenak dan lihatlah diri anda. Berapa banyak progress yang sudah anda buat. Kemungkinannya perubahan tersebut sangat kecil terlihat bahkan tidak sama sekali.

Adalah sesuatu yang penting bahwa kita haruslah mencoba sebuah program latihan selama empat minggu sebelum menggatinya demi mendapatkan suatu hasil yang lebih baik. Bahkan, Arnav Sarkar menyarankan bahwa jika suatu program bekerja dengan baik atau dengan kata lain berhasil, maka janganlah terburu-buru untuk mengubahnya ke lain program meskipun kita telah melakukannya selamatiga bulan.

Progresi adalah hal yang perlu kita fokuskan, bukan malahan kita focus untuk mencari sebuah program yang sempurna yang menjanjikan hasil yang cepat.

5) Being a couch potato outside the gym

Woman's fingers  measuring  her belly fat

Menjadi orang yang suka menghabiskan waktunya dengan duduk di sofa sambil makan kentang (keripik, snack, kentang goreng, dll) adalah salah satu alasan utama mengapa timbun lemak semakin membengkak. Jadi, jika kita belum berhasil mengatasi ataupun membinasakan kebiasaan itu, maka dengan sendirinya kita tidak akan bisa memaksimalkan hasil penurunan lemak dengan jalan apapun.

Carilah kegiatan lain yang membuat diri kita aktif saat di luar jadwal nge-gym. Bisa seperti melakukan olahraga permainan (futsal, basket, dll) bersama teman-teman, ataupun lebih memilih berjalan kaki untuk jarak yang tidak terlalu jauh ketimbang menempuhnya dengan kendaraan bermotor. Jika kita telah berkeluarga, mungkin bisa mengajak anak-anak untuk berjalan santai ke taman dekat rumah kemudian melakukan beberapa games activity bersama mereka. Selain terjadi pembakaran lemak, hal tersebut juga bisa menghilangkan stress dan mampu mempererat hubungan dengan buah hati kita.


Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





Image Gallery

Artikel

Simak berbagai artikel menarik seputar fitnes dan kiat-kiat berfitnes ria bersama personal trainer pilihan Anda!

Contact Us

Untuk Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami melalui :

Contact : Putu Suprapta
Address:
Jl. Martadinata Ancol - Jakarta Utara - DKI Jakarta
Telephone:
085719847979
E-mail:
info@bengkelotot.com
baliqyu@yahoo.com