Cara Instan Tambah Otot

Posted on 04 Maret 2016 ( 2 comments )


Cara Instan Tambah Otot
-
“Tak ada gunanya melewatkan waktu berjam-jam di gym kecuali Anda menginginkannya,” ujar Eric Cressey, M.A., C.S.C.S., dari Cressey Performance dan penulis Show and Go. “Banyak atlet papan atas dunia hanya berlatih di gym kurang dari 60 menit.” Pelajari rahasia mereka dan Anda bisa melakukan hal yang sama. Berikut, bagaimana cara membentuk lebih banyak otot serta meningkatkan kekuatan Anda tanpa perlu berlama-lama di gym.

Berlatih Efisien. Jika Anda biasa melakukan pemanasan di atas treadmill, hentikan! Ini hanya mengorupsi waktu latihan. Selain itu, pemanasan model ini hanya melatih kaki saja. “Ubah dengan melakukan gerakan pemanasan yang melibatkan banyak persendian dan menggerakkan otot-otot tubuh yang lebih kompleks. Anda bisa mencoba gerakan latihan squat-to-stand with reach,” ujar Cressey. Selain meningkatkan aliran darah tubuh, Anda akan memadukan sinyal antara otak dan otot –yang akan mendongkrak performa sejak awal. Hasilnya, pemanasan kilat sekaligus sesi latihan yang efisien.
Cara melakukannya: Berdiri tegak dengan bukaan kaki sedikit lebih lebar dari bahu. Rendahkan tubuh ke dalam posisi squat dan pegang jari-jari kaki Anda. Jaga torso tetap tegak. Kemudian angkat tangan kanan tinggi dan melebar. Ulangi dengan tangan kiri. Sekarang berdiri tegak. Ini terhitung 1 repetisi. Lakukan 8 repetisi. Waktu yang dihemat: 5 menit

Tingkatkan Efektivitas. Singkirkan paham klasik ‘satu gerakan latihan untuk satu waktu’. Ganti rutinitas latihan dengan superset atau triset, yaitu 2-3 latihan yang dilakukan secara berturut-turut. “Ketika satu kelompok otot memulihkan diri, kelompok lainnya bekerja, mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk beristirahat,” ujar Cressey. Menurut peneliti di Syracuse University, cara ini mendongkrak metabolisme tubuh dan membakar lebih banyak kalori tiap menitnya, baik selama maupun sesudah berlatih, ketimbang pola latihan tradisional yang mewajibkan istirahat tiap kali Anda usai mempraktekkan satu gerakan latihan.
Cara melakukannya: Target otot-otot yang tak saling bersaing dengan memasangkan gerakan mendorong dan menarik (dumbbell chest press dan cable row, sebagai contoh) atau gerakan latihan untuk tubuh atas dan tubuh bawah (dumbbell alternating shoulder press dan barbell straight deadlift). Waktu yang dihemat: 5 menit

Kurangi Repetisi. Ketimbang melakukan 3-4 set dengan 8-10 repetisi, lakukan sedikit repetisi dengan beban lebih berat. “Ini disebut stage system,” ujar Cressey.” “Saraf yang merangsang otot-otot Anda menguat karena beban yang berat. Hasilnya, Anda bisa mengangkat beban lebih berat ketimbang normal untuk repetisi akhir yang tinggi.”
Cara melakukannya: Lakukan 3 set dengan menggunakan beban yang bisa Anda angkat tiga kali berturut-turut secara sempurna. Kemudian kurangi berat beban 10 persen dan lakukan set terakhir dengan 6 repetisi. Waktu yang dihemat: 10 menit. (berbagai sumber)

Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





Image Gallery

Artikel

Simak berbagai artikel menarik seputar fitnes dan kiat-kiat berfitnes ria bersama personal trainer pilihan Anda!

Contact Us

Untuk Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami melalui :

Contact : Putu Suprapta
Address:
Jl. Martadinata Ancol - Jakarta Utara - DKI Jakarta
Telephone:
085719847979
E-mail:
info@bengkelotot.com
baliqyu@yahoo.com