Latih otot Betis Anda!

Posted on 18 April 2016 ( 8 comments )


Memiliki otot kaki atau betis yang besar dan kuat merupakan kebangaan bagi siapa saja terutama para fitnes mania yang selalu  melakukan latihan di tempat gym. Dan sering sekali para fitnes mania melupakan betapa penting nya memiliki otot betis yang besar dan kuat karena selain indah otot betis dapat meningkatkan nilai atletis tubuh anda. Coba anda bayangkan anda memiliki otot dada dan badan yang besar namun memiliki kaki yang kecil, bukankah akan tampak aneh ? Maka dari itu membentuk otot betis sama penting nya dengan otot otot tubuh lainnya.



Baiklah tanpa basa basi lagi dalam kesempatan ini kami akan memberikan tips latihan cara melatih otot betis menjadi besar dan kuat, untuk metode latihan anda bisa memilih nya sendiri pada artikel kali ini kami memberikan dua metode latihan, tanpa alat dan menggunakan alat. Berikut cara melatih otot betis menjadi besar dan kuat:

1. Metode Latihan Tanpa Alat

Metode latihan tanpa alat sangat disukai terutama bagi orang orang yang memang malas pergi ke tempat fitnes, selain itu latihan tanpa alat juga dinilai memberikan hasil yang lebih cepat dibanding menggunakan alat fitnes maka dari itu sangat penting bagi anda untuk menyimak tips latihan melatih otot betis tanpa alat fitnes berikut ini.

  • Menggunakan Bantuan Pasir
Cara latihan ini cukup mudah yaitu anda harus menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan diantaranya adalah ban dalam sepeda motor, setelah disiapkan isi ban dalam motor dengan pasir secukupnya dan sesuaikan dengan kemampuan anda (jangan terlalu berat) lalu ikatkan ban dalam pada kaki anda setelah itu bawa lari maraton atau jogging pada waktu sore atau pagi hari, dan lakukan tips ini secara teratur minimal 3 kali dalam seminggu, semakin sering anda melakukan latihan maka semakin cepat otot betis anda terbentuk.
  • Maraton di air
Tips kedua adalah dengan lari atau jogging di dalam air, namun pilihlah air setinggi lutut anda jangan pula anda berlari dalam air setinggi pinggang karena tidak efekif. Pilihlah lokasi yang memiliki ketinggian air setinggi lutut lalu biasakan lari di dalam air tersebut secara teratur setiap hari 10-15 menit. Lakukan cara ini minimal 3 kali dalam seminggu, namun semakin sering anda melakukan latihan tentu semakin cepat anda mendapatkan hasil yang diinginkan. Banyak tempat yang bisa anda lakukan untuk lari di dalam air seperti di kolam renang, sungai, dan masih banyak lagi.
  • Naik Bukit Turun Bukit
Selain melakukan maraton menggunakan pasir seperti tips pertama, kegiatan lari naik dan turun bukit juga menjadi kegiatan latihan yang sering saya lakukan untuk mendapatkan betis yang kuat. Bagi anda yang memiliki halaman atau perbukitan yang tidak jauh dari rumah anda maka tidak ada salah nya setiap pagi dan sore anda melakukan kegiatan lari dan turun pada bukit tersebut, namun pilih lah bukit yang memiliki kemiringan cukup tajam. Namun jangan terlalu curam karena juga tidak bagus. Bukit yang bagus untuk latihan adalah bukit yang memiliki permukaan rata, dan dengan kemiringan yang landai alias tidak terlalu curam dan tidak pula terlalu datar.
 
2. Metode Latihan Menggunakan Alat
  • Box Jump
 
Box jump merupakan metode latihan membentuk otot betis yang paling mudah untuk dilakukan yaitu anda hanya membutuhkan tempat pijakan yang cukup stabil, setelah itu lompatlah ke tempat pijakan atau box jump lalu lompat kembali ke tempat semula begitu seterus nya sampai kaki terasa berat, jika mulai lelah maka istirahat sejenak kemudian kembali latihan. Untuk gambar nya bisa dilihat di bawah ini.
 
 
 
  • Heavy Legs Workout
 
Metode latihan HLW (heavy legs workout) merupakan latihan yang menggunakan alat fitnes namun mudah untuk dilaksanakan, caranya cukup mudah yaitu siapkan barbel yang berukuran sama setelah itu atur ketinggian barbel setinggi bahu anda, lalu berdiri lurus sambil membelakangi barbel, kemudian Seimbangkan kaki dan jongkok sekitar 90 derajat lalu berdiri kembali pada posisi awal. Jika anda belum mengerti silahkan lihat metode latihan HLW di gambar berikut.
 
 
  • Barbell deadlift
Cara latihan ketiga ini bisa dibilang kebalikan latihan WLW, caranya cukup mudah yaitu siapkan barbel berukuran sama lalu pegang barbel pada posisi awal (lutuk ditekuk) kemudian angkat barbel tegak lurus, dan begitu seterus nya.

 
 
 

Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





Image Gallery

Artikel

Simak berbagai artikel menarik seputar fitnes dan kiat-kiat berfitnes ria bersama personal trainer pilihan Anda!

Contact Us

Untuk Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami melalui :

Contact : Putu Suprapta
Address:
Jl. Martadinata Ancol - Jakarta Utara - DKI Jakarta
Telephone:
085719847979
E-mail:
info@bengkelotot.com
baliqyu@yahoo.com