Bugar dengan Body Combat

Posted on 29 April 2016 ( 0 comments )


Body Combat adalah salah satu dari kelas kebugaran yang menggabungkan seni bela diri dari seluruh dunia. Body Combat terinspirasi ilmu bela diri seperti Taijiquan, Muay Thai, Taekwondo, Kungfu dan Karate. Walaupun mengusung nama besar ilmu bela diri, tapi peserta kelas Body Combat tidak diharuskan memiliki stamina ataupun ketahanan otot bak atlet dan tidak memiliki gerakan kontak fisik seperti bela diri umumnya. Karena Body Combat adalah kelas dimana peserta mengatur sendiri intensitas gerakan.
 
Pertama kali dirilis tahun Juni tahun 1999 di New Zealand. Semenjak itu kumpulan gerakan dan musik pengiring yang berbeda setiap tiga bulan sekali. Dengan diiringi musik terkini dan gerakan bela diri. Selayaknya berlatih bela diri, gerakan-gerakan di dalamnya menyangkut pukulan, tangkisan, dan tendangan. Body Combat adalah kombinasi kelas kebugaran yang bersemangat dan dinamis. Hal ini tentunya lebih membuat gerak tubuh menjadi lebih energik dan atraktif. Sehingga, Anda tidak akan bosan dengan melakukan gerakan Body Combat.



Berikut adalah gerakan-gerakan body combat :

  1.  Langkahkan kaki kanan ke depan dan kaki kiri ke belakang, serta sedikit kuda-kuda. Posisi tangan mengepal dan diangkat sampai bahu. Manfaatnya untuk mengencangkan otot lengan dan otot paha.
  2. Posisi kaki sama seperti posisi kaki pada latihan di nomor satu, namun untuk posisi lengan menyerang. Manfaatnya untuk mengencangkan otot lengan.
  3. Posisi kaki sama seperti posisi kaki di nomor satu, namun posisi lengan menonjok atau mendorong lurus kedepan dengan kekuatan penuh. Manfaatnya adalah untuk mengencangkan otot lengan.
  4. Lebarkan kedua kaki dengan posisi kuda-kuda. Tangan yang dikepal ditekuk dan berada disamping perut. Kemudian tubuh tegak lurus dengan kaki kanan ditekuk sejajar lutut, tangan kanan miring kesamping tubuh, sementara kaki ditekuk sejajar dada. Manfaatnya untuk mengencangkan otot paha.
  5. Posisi kaki tetap sama dengan posisi kaki nomor empat, namun gerakan tangan kiri tegak lurus ke kanan dan kek kiri secara bergantian dengan satu tangan atau kaki terbuka, lengan kanan tetap mengepal. Manfaatnya untuk melatih otot lengan.
  6. Posisi kaki tetap sama dengan posisi kaki nomor empat, namun gerakan kedua tangan tegak lurus ke kanan dan ke kiri dengan jari tangan terbuka.

Banyak Manfaat dalam Sekali Sesi Latihan

Keuntungan dengan mengikuti kelas Body Combat adalah mudahnya kita untuk mengeluarkan keringat. Keringat adalah salah satu bukti bahwa metabolisme tubuh sedang bekerja dengan cepat. Dengan kita bergerak mengikuti alunan musik, maka kalori pun juga banyak terbakar. Bukan hanya itu, dengan mengikuti kelas Body Combat dapat meningkatkan fungsi jantung, paru-paru, dan mengurangi kemungkinan penyakit jantung. 

Sedangkan manfaatnya dalam pembentukan otot, Body Combat dapat menjaga dan menambah massa otot Anda. Hal ini dikarenakan, dengan melakukan gerakan-gerakan tersebut, maka otot-otot di seluruh tubuh Anda akan berkontraksi, sehingga memicu pertumbuhan otot yang lebih cepat.

Masih banyak manfaat lain dengan mengikuti kelas Body Combat ini, seperti meningkatkan koordinasi keseimbangan, membantu menguatkan tulang, memperbaiki postur tubuh, dan meningkatkan kekuatan inti dari tubuh Anda.
Rekomendasi Bagi Pemula

Satu sesi kelas Body Combat dapat memakan waktu hingga 45 menit, kira-kira dapat membakar hampir 300-350 kalori. Karena Body Combat bukan termasuk ke dalam seni bela diri, maka kelas ini menuntut kita untuk banyak bergerak. Itulah sebabnya, sebelum memulai Body Combat sangat disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Lakukan treadmill, elliptical, sepeda row, atau sejenis latihan kardio lainnya setidaknya selama 15 menit.

Bagi para pemula, gerakan-gerakan Body Combat akan membuat Anda merasa kelelahan dan sulit untuk mengejar nafas. Namun, Anda jangan lantas menyerah. Cobalah mengikuti kelas ini 2-3 kali seminggu . Maka, Anda akan terbiasa dan mudah mengikuti tempo gerakan-gerakan selanjutnya.

Perhatikan Ini Untuk Minimalisir Cedera
Setiap gerakan dalam latihan kebugaran tentu memiliki risiko terjadinya cedera. Namun, hal tersebut dapat dicegah jika kita mengetahui gerakan-gerakannya secara baik dan benar. Berikut ini adalah tips untuk menghindari cedera ketika Anda melakukan latihan Body Combat.
  
  • Mulai dengan Intensitas Rendah. Untuk meminimalisir terjadinya cedera, maka sebagai langkah awal cermati terlebih dahulu teknik tendangan, pukulan, dan langkah-langkahnya. Hal ini untuk mendapatkan manfaat dari kontraksi otot agar tepat mengenai sasaran. 
  • Perhatikan Instruktur. Ini merupakan cara paling dasar agar Anda dapat terhindar dari resiko. Untuk itu, ketika sesi Body Combat berlangsung, posisi Anda harus strategis dan dapat melihat secara jelas gerakan-gerakan instruktur. Bukan hanya itu, perhatikan dan patuhi pula semua instruksi dari instruktur Anda. 
  • Lakukan Semampu dan Sekuat Anda. Performa tubuh, sehat tidaknya tubuh, semua itu hanya diketahui oleh Anda sendiri. Oleh sebab itu, jangan terlalu memaksakan ketika sedang mengikuti Body Combat. Jika memang Anda merasa kelelahan, ambil jeda. Lalu, jika tenaga Anda sudah pulih, ikuti lagi gerakan-gerakan selanjutnya.

Terdapat berbagai macam gerakan dalam Body Combat, mulai dari jab, uper cut, gancho, dan masih banyak lainnya. Namun, gerakan-gerakan tersebut terbagi ke dalam beberapa sesi. Berdasarkan info yang dilansir oleh Wikipedia.com, kelas Body Combat biasanya terdiri sepuluh set gerakan dengan sepuluh lagu berbeda. Sepuluh set gerakan itu memiliki fungsi masing-masing, yaitu:

Pemanasan: Pada sesi ini gerakan akan dipusatkan pada pemanasan otot serta mempelajari gerakan-gerakan dasar dari beberapa bela diri yang akan ada digunakan.

Combat 1: Mulai menggunakan tenaga dan memukul musuh seakan musuh sedang berdiri di depan anda.

Kekuatan 1: Memasuki gerakan aerobik yang memfokuskan gerakan pada kecepatan, kekuatan dan ketahanan.

Combat 2: Kembali kombinasi gerakan untuk menghajar musuh.
Kekuatan 2: Paruh dari seluruh kelas. Gerakan sesi ini akan banyak berpusat pada tubuh bagian atas.

Combat 3: Intensitas gerakan melambat tapi masih tetap dengan semangat.
Muay Thai: Sesi gerakan ini berpusat pada gerakan ilmu bela diri Muay Thai. Gerakan akan dipusatkan untuk menaikkan level stamina dan mengalahkan musuh.

Kekuatan 3: Puncak dari seluruh gerakan BodyCombat. Gerakan di sini dibuat agar masing-masing orang dapat mencapai tujuan kebugarannya.

Rekondisi: Gerakan di sini dipusatkan pada latihan kekuatan otot dengan cara push-up atau senam lantai lainnya.

Pendinginan: Gerakan untuk mendinginkan tubuh setelah kurang lebih sejam mengikuti Body Combat.
Cara olahraga yang memadukan beberapa jenis bela diri lainnya, Body Combat dapat di coba.

Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





Image Gallery

Artikel

Simak berbagai artikel menarik seputar fitnes dan kiat-kiat berfitnes ria bersama personal trainer pilihan Anda!

Contact Us

Untuk Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami melalui :

Contact : Putu Suprapta
Address:
Jl. Martadinata Ancol - Jakarta Utara - DKI Jakarta
Telephone:
085719847979
E-mail:
info@bengkelotot.com
baliqyu@yahoo.com